RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : VIII/1
Alokasi Waktu : 10 menit
Kemampuan : Berbahasa
A. Standar Kompetensi:
Membaca: Memahami ragam wacana tulis dengan
membaca memindai, membaca cepat.
B.
Kompetensi Dasar:
Menemukan tempat atau arah dalam
konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera dalam denah.
C. Indikator:
1.
Mampu mendeskripsikan arah ke tempat
yang dituju.
D.
Tujuan Pembelajaran
Siswa
diberikan sebuah denah. Selanjutnya,
dengan diskusi kelas, siswa
diharapkan dapat mendeskripsikan arah ke tempat yang dituju.
E. Materi Pembelajaran
1. Letak
arah mata angin
2. Contoh
denah
F. Model dan Metode Pembelajaran
·
Model : Kooperatif
·
Pendekatan : CTL (Konstruktivisme, MB, Inkuiri)
·
Metode : Tanya jawab
G. Bahan
Lembar contoh denah
H. Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Met.
|
Wkt
|
Peng. Kls
|
I.
A.
|
KEGIATAN AWAL (10
MENIT)
1. Mengondisikan
kelas: menyiapkan seluruh warga kelas dan alat pembelajaran, serta
mempresensi
2. Memotivasi siswa
sebagai kegiatan apersepsi dengan
cara:
a. Mengingat kembali arah mata angin
b. Manfaat mengetahui arah mata angin
3. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
4. Menyampaikan
prosedur pembelajaran, yaitu berdiskusi
kelas
|
Tanya jawab
|
Persiapan kelas
Pemberian motivasi
|
|
II.
|
KEGIATAN/INTI
(65 MENIT)
A. EKSPLORASI
Guru membagikan contoh denah lokasi
Siswa diminta memperhatikan
B.
ELABORASI DAN KOLABORASI
1.
Guru
melemparkan pertanyaan kepada siswa mengenai arah suatu bangunan terhadap
bangunan lain berdarkan
arah mata angin.
2.
Siswa diminta
mendeskripsikan letak suatu bangunan berdasarkan denah
3.
Siswa diminta
mendeskripsikan arah perjalanan ke tempat yang di tuju pada denah (ditentukan
oleh guru)
4.
Siswa diminta
mengerjakan tugas pada lembar tugas yang dibagikan secara individu.
C.
KONFIRMASI
1.
Siswa mengumpulkan tugas.
2.
pemberian penguatan/reinforcement
|
Tanya jawab
individu
|
Pengerjaan tugas individu
|
|
III.
|
KEGIATAN PENUTUP
(15 MENIT)
1. Siswa membuat
rumusan simpulan tentang pembelajaran yang sudah diikutinya dan guru
memberikan penguatan
2. Siswa
mengungkapkan kesan terhadap pembelajaran yang baru berlangsung dan manfaat
dari mempelajari KD ini dengan menggunakan bahasa yang santun sebagai
kegiatan refleksi.
|
Tanya jawab
|
menyimpulkan pembelajaran
Refleksi
|
I.
Sumber Pembelajaran
1. Lembar Kerja (lampiran)
J.
Penilaian
Aspek Penilaian
|
Bobot maksimal
|
Nilai
|
|
mendeskripsikan arah
yang dituju berdasarkan denah dengan memperhatikan kemampuan:
|
Menentukan arah yang
dituju sesuai arah mata angin
|
35
|
|
Menentukan
bangunan-bangunan atau petunjuk lain yang tergambar pada denah
|
35
|
||
Menggunakan kalimat
efektif dan diksi yang tepat.
|
30
|
||
Total
Nilai:
|
Bengkulu, Mei 2013
Guru Bidang Studi
Rina
Syafputri
LAMPIRAN
Perhatikan denah lokasi berikut!
Tugas:
Jika kamu berada di Jalan Darma
Bakti dan ingin menuju ke Bank Daerah, deskripsikan arah ke tempat yang kamu
tuju dengan cermat ke dalam sebuah paragraf!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar