Senin, 24 Juni 2013

RPP untuk Mata Kuliah Pengajaran Mikro Bahasa Indonesia (Menulis Denah Lokasi)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan      : SMP
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VIII/1
Alokasi Waktu            : 10 menit
Kemampuan                : Berbahasa

A.    Standar Kompetensi:
            Membaca: Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat.

B.      Kompetensi Dasar:
            Menemukan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera dalam denah.
                                                                                     
C.     Indikator:
1.      Mampu mendeskripsikan arah ke tempat yang dituju.

D.    Tujuan Pembelajaran
Siswa diberikan sebuah denah. Selanjutnya, dengan diskusi kelas, siswa diharapkan dapat mendeskripsikan arah ke tempat yang dituju.
  

E.     Materi Pembelajaran
1.      Letak arah mata angin
2.      Contoh denah

F.     Model dan Metode Pembelajaran
·         Model             : Kooperatif
·         Pendekatan    : CTL (Konstruktivisme, MB, Inkuiri)
·         Metode           : Tanya jawab

G.    Bahan
Lembar contoh denah







H.    Langkah-langkah Pembelajaran


No.
Kegiatan
Met.
Wkt
Peng. Kls
        I.            A.
KEGIATAN AWAL (10 MENIT)
1.      Mengondisikan kelas: menyiapkan seluruh warga kelas dan alat pembelajaran, serta mempresensi
2.      Memotivasi siswa sebagai kegiatan  apersepsi dengan cara:
a.       Mengingat kembali arah mata angin
b.      Manfaat mengetahui arah mata angin
3.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
4.      Menyampaikan prosedur pembelajaran, yaitu berdiskusi kelas

Tanya jawab


Persiapan kelas




Pemberian motivasi
     II.             
KEGIATAN/INTI (65 MENIT)
A.      EKSPLORASI
Guru membagikan contoh denah lokasi
Siswa diminta memperhatikan
B.     ELABORASI DAN KOLABORASI
1.      Guru melemparkan pertanyaan kepada siswa mengenai arah suatu bangunan terhadap bangunan lain  berdarkan arah mata angin.
2.      Siswa diminta mendeskripsikan letak suatu bangunan berdasarkan denah
3.      Siswa diminta mendeskripsikan arah perjalanan ke tempat yang di tuju pada denah (ditentukan oleh guru)
4.      Siswa diminta mengerjakan tugas pada lembar tugas yang dibagikan secara individu.
C.     KONFIRMASI
1.     Siswa mengumpulkan tugas.
2.    pemberian penguatan/reinforcement


Tanya jawab










individu


















Pengerjaan tugas individu
   III.             
KEGIATAN PENUTUP (15 MENIT)
1.      Siswa membuat rumusan simpulan tentang pembelajaran yang sudah diikutinya dan guru memberikan penguatan
2.      Siswa mengungkapkan kesan terhadap pembelajaran yang baru berlangsung dan manfaat dari mempelajari KD ini dengan menggunakan bahasa yang santun sebagai kegiatan refleksi.
Tanya jawab

menyimpulkan pembelajaran




Refleksi


I.       Sumber Pembelajaran

1.      Lembar Kerja (lampiran)

J.      Penilaian


Aspek Penilaian
Bobot maksimal
Nilai
mendeskripsikan arah yang dituju berdasarkan denah dengan memperhatikan kemampuan:
Menentukan arah yang dituju sesuai arah mata angin
35

Menentukan bangunan-bangunan atau petunjuk lain yang tergambar pada denah
35

Menggunakan kalimat efektif dan diksi yang tepat.
30

Total Nilai:






                                                Bengkulu,         Mei 2013
                                                                                                                     Guru Bidang Studi



                                                                                                            Rina Syafputri
                                   

LAMPIRAN


Perhatikan denah lokasi berikut!


Tugas:
Jika kamu berada di Jalan Darma Bakti dan ingin menuju ke Bank Daerah, deskripsikan arah ke tempat yang kamu tuju dengan cermat ke dalam sebuah paragraf!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar