Selasa, 25 Juni 2013

RPP untuk Mata Kuliah Pengajaran Mikro Bahasa Indonesia (Analisis Unsur Intrinsik Teks Drama)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMP
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VIII/1
Alokasi Waktu            : 10-15 Mnt
Kemampuan                : Bersastra

A.    Standar Kompetensi
      Membaca: Memahami  teks drama dan novel remaja

B.      Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama

C.    Indikator
Mampu menganalisis teks drama berdasarkan unsur-unsur intrin­siknya (latar).

D.    Tujuan Pembelajaran

Diberikan sebuah teks penggalan naskah drama, siswa dapat menganalisis latar yang digambarkan naskah drama.

E.     Materi Pembelajaran
1.      Naskah Drama
2.      Unsur Intrinsik, yaitu pada latar.


F.     Model dan Metode Pembelajaran
·         Model                        : Kooperatif
·         Pendekatan                : CTL (Konstruktivisme, MB, Inkuiri)
·         Metode                       : Diskusi Kelompok




G.    Langkah-langkah Pembelajaran




NO.
KEGIATAN

Met.
Wkt.
Peng. Kls
A
KEGIATAN AWAL
1.      Mengondisikan kelas: menyiapkan seluruh warga kelas dan alat pembelajaran, serta mempresensi
2.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
3.      Menjelaskan materi tentang naskah drama dan latar pada sebuah naskah drama.
4.      Menyampaikan prosedur pembelajaran, yaitu berkelompok

  


Tanya Jawab


B
KEGIATAN/INTI
A.      EKSPLORASI
1.       Siswa  dibagi dalam kelompok kecil, 3-4 orang,
2.       Siswa membaca  penggalan naskah drama dengan penuh rasa ingin tahu

B.      ELABORASI DAN KOLABORASI
3.       siswa mendiskusikan bersama masing-masing kelompoknya mengenai latar pada cerpen di atas
4.       siswa mengisi lembar jawaban

C.     KONFIRMASI
5.      guru meminta perwakilan dari masing-masing kelompok unruk membacakan hasil diskusinya di depan kelas.
6.      jawaban paling tepat diberikan tepuk tangan oleh seluruh siswa
7.      pemberian penguatan/reinforcement






Diskusi
kelompok



C
KEGIATAN PENUTUP
1.      Siswa membuat rumusan simpulan tentang pembelajaran yang sudah diikutinya dan guru memberikan penguatan
2.      Siswa mengungkapkan kesan terhadap pembelajaran yang baru berlangsung dan manfaat dari mempelajari KD ini dengan menggunakan bahasa yang santun sebagai kegiatan refleksi.
Tanya jawab






H.    Sumber Pembelajaran

1.      Lembar Kerja (lampiran)





I.       Penilaian


No.
Rincian Tugas Kinerja
Skor maksimum
Skor yang Diperoleh
1
Menentukan latar tempat pada suatu naskah drama

10

2
Mengemukakan bukti dan alasan dari latar tempat yang ditentukan
10

3
Menentukan latar waktu pada suatu naskah drama
10

4
Mengemukakan bukti dan alasan dari latar waktu yang ditentukan
10

5
Menentukan latar suasana pada suatu naskah drama
10

6
Mengemukakan bukti dan alasan dari latar suasana yang ditentukan
10


Total
60








Bengkulu,    Mei  2013
­     Mahasiswa,


  Rina Syafputri
   
                                 
*Lampiran


                                        Lembar Tugas


 Bacalah Penggalan naskah drama di bawah ini!
...
            Sompeng, isteri Gareng, menjahit kedua pinggiran kain putih dan kain merah itu dengan sebuah mesin jahit tua, mempertautkannya menjadi sebuah bendera yang sangat panjang. Sompeng bekerja dengan pasrah dan tampaknya dia sudah sangat letih.

Sompeng         : Sudah lebih jam delapan.
Gareng                        : Ya. Aku tahu (terus menyanyi)
Sompeng         : Waktu sholat Isya sudah masuk sejak tadi.
Gareng                        : Ya. Aku tahu (terus menyanyi)
Sompeng         : Tapi kenapa abang masih menyanyi. Sebaiknya sholat dulu.
Gareng                        : Nanti. Setelah semuanya selesai. Aku akan sembahyang tahajjud sekalian
Sompeng         : Masa karena soal bendera ini saja harus sembahyang tahajjud?
Gareng                        : Ini masalah kepercayaan Sompeng! Bendera apapun tidak akan pernah dibuat                  selain daripada bahan kain. Bendera harus dari kain. Bendera yang terbuat dari kain punya falsafah yang dalam. Kita harus sembahyang tahajjud, minta pada  Tuhan agar bendera kita tetap dipertahankan bahannya dari kain. Tidak dari  bahan yang lain!
       Dengar. Bendera terbuat dari kain. Kain terbuat dari benang. Benang dari kapas. Kapas dari buah kapas. Buah kapas dari bunga kapas. Bunga kapas dari putik kapas. Putik dari pucuk, pucuk dari daun, daun dari ranting, ranting dari dahan, dahan dari pohon, pohon kapas! Pohon kapas ada karena kita                               memerlukan kapas. Kapas ada karena kita memerlukan bendera.
      Inilah dasar perjuangan kita, falsafah kapas. Dasar pikiran yang melandasi kenapa kita harus melestarikan bendera yang terbuat dari kapas. Paham?
....
(Drama Penjual Bendera, Karya Hermana HMT)




Diskusikan dengan kelompokmu mengenai  latar (tempat, waktu, dan suasana) pada penggalan drama di atas!
Isilah tabel di bawah ini!
Unsur Instriksik
Penjelasan
Bukti
Latar
Tempat



Waktu



Suasana



 `

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar