Selasa, 25 Juni 2013

RPP untuk Mata Kuliah Pengajaran Mikro Bahasa Indonesia (Menulis Iklan Baris)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                  : SMP
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        : IX/1
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit
Kemampuan                            : Berbahasa

A.      Standar Kompetensi:
Menulis: Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan

B.       Kompetensi Dasar:
Menulis iklan  baris dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas

C.    Indikator:
1.      Menentukan 3 ciri-ciri iklan baris
2.      Menentukan 4 unsur yang terdapat dalam iklan baris

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
            Diberikan contoh-contoh iklan baris dan lembar kerja, siswa diharapkan mampu:
1.      Menentukan ciri-ciri iklan baris
2.      Menentukan 4 unsur yang terdapat dalam iklan baris


E.     MATERI PEMBELAJARAN

1.      Contoh-contoh iklan baris
2.      Ciri-ciri iklan baris
3.      Unsur-unsur iklan baris

F.       MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
·         Model                    : Kooperatif
·         Pendekatan            : CTL (Konstruktivisme, MB, Inkuiri)
·         Metode                  : Two Stay Two Stray (Dua Tinggal Dua Tamu)
G.      ALAT DAN BAHAN
            Lembar Kerja (LK) dan contoh iklan baris di koran


H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
KEGIATAN
Metode
Waktu
Penguasaan Kelas
a.        
A.     

KEGIATAN AWAL (10 MENIT)
1.      Mengondisikan kelas: menyiapkan seluruh warga kelas dan alat pembelajaran, serta mempresensi
2.      Melakukan kegiatan apersepsi: menampilkan contoh-contoh iklan baris
3.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
4.      Menyampaikan prosedur pembelajaran, yaitu diskusi kelompok


Tanya jawab








Persiapan kelas


Apersepsi


Tujuan dan prosedur pembelajaran
B.      
KEGIATAN/INTI (65 MENIT)
a)      EKSPLORASI
1.      Siswa dibentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang
2.      tiap siswa dibagikan lembar kerja.
3.      Masing-masing kelompok meneliti contoh iklan baris dengan penuh rasa ingin tahu.

b)      ELABORASI DAN KOLABORASI
4.      Setelah meneliti iklan baris, tiap kelompok diminta berdiskusi untuk menentukan ciri-ciri iklan baris dengan mengisi soal nomor 1 pada lembar kerja. kemudian tiap kelompok menganalisis unsur-unsur yang terdapat dalam suatu iklan baris pada soal nomor 2.
5.      Dua orang dari tiap kelompok saling bertamu ke kelompok lain untuk bertukar pendapat, kemudian kembali lagi ke kelompok asalnya.
6.      Di kelompok asal, tiap kelompok kembali mendiskusikan hasil diskusi yang didapat dari kelompok asal.


c)      KONFIRMASI
7.      hasil diskusi kelompok tadi diisi secara individu ke dalam lembar kerja
8.      guru meminta perwakilan dari beberapa kelompok untuk membacakan hasil diskusinnya, kelompok lain maupun anggota kelompoknya sendiri dapat memberi komentar dengan sikap saling menghargai.
9.      Guru memperbaiki dan memberi penguatan
Two Stay Two Stray

































          











Persiapan diskusi


Penjelasan materi dari guru





Siswa mengerjakan LK




Dua siswa berkunjung ke kelompok lain



Semua siswa kembali ke kelompok asal





Membacakan hasil diskusi



Penguatan dari guru
C.     
KEGIATAN PENUTUP (15 MENIT)
1.      Siswa membuat rumusan simpulan tentang pembelajaran yang sudah diikutinya dan guru memberikan penguatan
2.      Siswa mengungkapkan kesan terhadap pembelajaran yang baru berlangsung dan manfaat dari mempelajari KD ini dengan menggunakan bahasa yang santun sebagai kegiatan refleksi.
3.      Siswa ditugaskan mencari minimal 5 contoh iklan baris dan menentukan 4 unsur yang terdapat di dalam tiap iklan baris tersebut.
Tanya jawab








Merumuskan kesimpulan dari pembelajaran



Kesan selama pembelajaran




evaluasi






I.       SUMBER PEMBELAJARAN

1.      Lembar Kerja

J.      PENILAIAN

Indikator
Soal
1.      Menentukan 3 ciri-ciri iklan baris
2.      Menentukan 4 unsur yang terdapat dalam iklan baris



1.       Tentuka 3 ciri-ciri iklan baris!
2.       Tentukan 4 unsur yang terdapat dalam sebuah iklan baris!


No.
Rincian Tugas Kinerja
Skor maksimum
Skor Asesmen
Oleh Siswa
Oleh Guru
1.
Menentukan 3 ciri-ciri iklan baris

40


2.
Menentukan 4 unsur yang terdapat dalam iklan baris

60



Total
100







 * Lampiran



LEMBAR KERJA


Standar Kompetensi:
Menulis: Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan

Kompetensi Dasar:
Menulis iklan  baris dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas

Tujuan Pembelajaran:
1.      Menentukan 3 ciri-ciri iklan baris
2.      Menentukan 4 unsur yang terdapat dalam iklan baris

Ringkasan Materi
            Iklan yang dimuat di koran jika dilihat dari ukurannya dapat dibedakan atas iklan kolom dan iklan baris. Iklan kolom dilihat dari ukurannya lebih besar dari iklan baris. Bahkan, ada iklan yang penuh satu halaman koran. Hal ini tentu memerlukan biaya yang mahal bagi pemasang iklan kolom tersebut. Iklan baris adalah iklan yang hanya terdiri atas beberapa baris dalam kolom. Karena terbatasnya jumlah baris dalam kolom yang disediakan, biasanya penulisan iklan baris menggunakan singkatan-singkatan untuk menghemat tempat dan tentu saja menghemat biaya untuk pemasangan.
Meskipun hanya terdiri atas beberapa baris, informasi yang disajikan harus lengkap sehingga memudahkan pembaca untuk memahami iklan yang ditawarkan. Selain itu, singkatan-singkatan yang digunakan harus mudah ditafsirkan atau dipahami oleh pembaca.
Untuk membuat singkatan, biasanya huruf vokal pada kata tersebut dikurangi bahkan dihilangkan sama sekali. Apabila memungkinkan 1 atau 2 huruf konsonan pun bisa untuk dihilangkan pada sebuah kata. Akan tetapi, singkatan tersebut harus tetap mudah ditangkap maksudnya.
Seseorang atau suatu pihak tentu memiliki tujuan tertentu dalam memasang iklan baris. Berdasarkan tujuan-tujuan ini iklan baris terbagi dalam beberapa jenis.
Iklan baris ada yang memiliki tujuan untuk menawarkan barang atau jasa kepada khalayak. Ada juga yang sebaliknya, yaitu untuk mencari barang atau jasa yang bisa ditawarkan oleh khalayak yang memiliki. Bisa juga untuk menginformasikan lowongan pekerjaan.
Iklan baris yang baik biasanya memuat 4 unsur, yaitu aktivitas, produk, spesifikasi, dan identitas.
Berikut contoh iklan baris:
Djl cpt Yamaha Mio Sporty THN 2010 kond bgs mls hrg nego hub. 77877817
Iklan baris diatas termasuk ke dalam jenis iklan baris penawaran. Iklan baris tersebut menginformasikan bahwa pemasan iklan menjual motornya secara terdesak. Itulah yang dinamakan aktivitas. aktifitas juga bisa berupa informasi bahwa pemasang iklan membuka lowongan pekerjaan, mencari suatu barang, dll. Pada iklan penawaran dan pencarian, akan disebutkan barang dan jenis barang yang dijual/dicari, dan pada iklan lowongan pekerjaan akan disebutkan keahlian dan kondisi seseorang yang diburuhkan. Pada iklan diatas disebutkan bahwa barang yang dijual adalah motor Yamaha Mio Sporty. Spesifikasi atau keadaan khusus yang dapat dipertimbangkan pembaca untuk berminat membelinya yaitu kondisinya masih bagus, keluaran tahun 2010. Identitas untuk memudahkan khalayak yang berminat dengan yang diiklankan juga perlu dicantumkan.
Sebelum menulis iklan perlu dirumuskan lebih dulu tujuan penulisan iklan (sesuai dengan jenis iklan). Rumusan kebutuhan yang akan diiklankan tersebut kemudian ditulis dalam bentuk kalimat-kalimat. Dari data tersebut, identifikansi informasi-informasi penting berdasarkan unsur-unsur pembentuk iklan baris. Kemudian, hal-hal yang akan dicantumkan tersebut disusun menjadi kalimat. Lalu, kata-katanya dipersingkat.









Tugas

1.      Berdasarkan contoh-contoh iklan baris yang diberikan, sebutkan ciri-ciri iklan baris!
Dari segi bahasa



Dari segi pemilihan kata-kata



Dari segi penulisan




RUMAH DIJUAL-BODETABEK
Atsiri Permai, Citayam. Jl. Widuri no.2. Lt/Lb.152/
45, SHM. Hub: 081317009588

2.      Tentukan 4 unsur yang terdapat dalam iklan baris tersebut!
aktivitas
produk
spesifikasi
Identitas
pemasang iklan











           


1 komentar: