RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
IX/1
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
Kemampuan : Berbahasa
A. Standar Kompetensi:
Menulis: Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan
baris, resensi, dan karangan
B.
Kompetensi Dasar:
Menulis
iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas
C. Indikator:
1.
Menentukan 3 ciri-ciri iklan baris
2.
Menentukan 4 unsur yang terdapat dalam iklan
baris
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Diberikan
contoh-contoh iklan baris dan lembar kerja, siswa diharapkan mampu:
1.
Menentukan ciri-ciri iklan baris
2.
Menentukan 4 unsur yang terdapat dalam iklan
baris
E. MATERI PEMBELAJARAN
1. Contoh-contoh
iklan baris
2. Ciri-ciri
iklan baris
3. Unsur-unsur
iklan baris
F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
·
Model : Kooperatif
·
Pendekatan : CTL (Konstruktivisme, MB, Inkuiri)
·
Metode : Two Stay Two Stray (Dua Tinggal Dua Tamu)
G. ALAT DAN BAHAN
Lembar
Kerja (LK) dan contoh iklan baris di koran
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
KEGIATAN
|
Metode
|
Waktu
|
Penguasaan Kelas
|
a.
A.
|
KEGIATAN AWAL (10 MENIT)
1.
Mengondisikan kelas: menyiapkan seluruh warga kelas dan alat
pembelajaran, serta mempresensi
2.
Melakukan kegiatan apersepsi: menampilkan contoh-contoh iklan
baris
3.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
4.
Menyampaikan prosedur pembelajaran, yaitu diskusi kelompok
|
Tanya
jawab
|
|
Persiapan
kelas
Apersepsi
Tujuan dan prosedur pembelajaran
|
B.
|
KEGIATAN/INTI (65 MENIT)
a)
EKSPLORASI
1.
Siswa dibentuk kelompok yang terdiri dari 4-5
orang
2.
tiap siswa dibagikan lembar kerja.
3.
Masing-masing kelompok meneliti contoh iklan
baris dengan penuh rasa ingin tahu.
b)
ELABORASI DAN KOLABORASI
4.
Setelah meneliti iklan baris, tiap kelompok
diminta berdiskusi untuk menentukan ciri-ciri iklan baris dengan mengisi soal
nomor 1 pada lembar kerja. kemudian tiap kelompok menganalisis unsur-unsur
yang terdapat dalam suatu iklan baris pada soal nomor 2.
5.
Dua orang dari tiap kelompok saling bertamu ke
kelompok lain untuk bertukar pendapat, kemudian kembali lagi ke kelompok
asalnya.
6.
Di kelompok asal, tiap kelompok kembali
mendiskusikan hasil diskusi yang didapat dari kelompok asal.
c) KONFIRMASI
7.
hasil diskusi kelompok tadi diisi secara
individu ke dalam lembar kerja
8.
guru meminta perwakilan dari beberapa kelompok
untuk membacakan hasil diskusinnya, kelompok lain maupun anggota kelompoknya
sendiri dapat memberi komentar dengan sikap saling menghargai.
9.
Guru memperbaiki dan memberi penguatan
|
Two Stay Two Stray
|
|
Persiapan
diskusi
Penjelasan
materi dari guru
Siswa
mengerjakan LK
Dua
siswa berkunjung ke kelompok lain
Semua
siswa kembali ke kelompok asal
Membacakan
hasil diskusi
Penguatan
dari guru
|
C.
|
KEGIATAN PENUTUP (15 MENIT)
1.
Siswa membuat rumusan simpulan tentang pembelajaran yang sudah
diikutinya dan guru memberikan penguatan
2.
Siswa mengungkapkan kesan terhadap pembelajaran yang baru berlangsung
dan manfaat dari mempelajari KD ini dengan menggunakan bahasa yang santun
sebagai kegiatan refleksi.
3.
Siswa ditugaskan mencari minimal 5 contoh
iklan baris dan menentukan 4 unsur yang terdapat di dalam tiap iklan baris
tersebut.
|
Tanya jawab
|
|
Merumuskan
kesimpulan dari pembelajaran
Kesan
selama pembelajaran
evaluasi
|
I.
SUMBER PEMBELAJARAN
1. Lembar Kerja
J.
PENILAIAN
Indikator
|
Soal
|
1.
Menentukan 3
ciri-ciri iklan baris
2.
Menentukan 4 unsur
yang terdapat dalam iklan baris
|
1.
Tentuka 3 ciri-ciri iklan baris!
2.
Tentukan 4 unsur yang terdapat dalam sebuah iklan
baris!
|
No.
|
Rincian Tugas Kinerja
|
Skor maksimum
|
Skor Asesmen
|
|
Oleh Siswa
|
Oleh Guru
|
|||
1.
|
Menentukan 3
ciri-ciri iklan baris
|
40
|
|
|
2.
|
Menentukan 4
unsur yang terdapat dalam iklan baris
|
60
|
|
|
|
Total
|
100
|
|
|
* Lampiran
LEMBAR KERJA
Standar Kompetensi:
Menulis:
Mengungkapkan informasi dalam bentuk
iklan baris, resensi, dan karangan
Kompetensi Dasar:
Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat dan
jelas
Tujuan Pembelajaran:
1.
Menentukan 3 ciri-ciri iklan baris
2.
Menentukan 4 unsur yang terdapat dalam iklan
baris
Ringkasan Materi
Iklan
yang dimuat di koran jika dilihat dari ukurannya dapat dibedakan atas iklan
kolom dan iklan baris. Iklan kolom dilihat dari ukurannya lebih besar dari
iklan baris. Bahkan, ada iklan yang penuh satu halaman koran. Hal ini tentu
memerlukan biaya yang mahal bagi pemasang iklan kolom tersebut. Iklan baris
adalah iklan yang hanya terdiri atas beberapa baris dalam kolom. Karena
terbatasnya jumlah baris dalam kolom yang disediakan, biasanya penulisan iklan
baris menggunakan singkatan-singkatan untuk menghemat tempat dan tentu saja
menghemat biaya untuk pemasangan.
Meskipun hanya terdiri atas beberapa baris, informasi yang disajikan
harus lengkap sehingga memudahkan pembaca untuk memahami iklan yang ditawarkan.
Selain itu, singkatan-singkatan yang digunakan harus mudah ditafsirkan atau
dipahami oleh pembaca.
Untuk membuat singkatan, biasanya huruf vokal pada kata tersebut
dikurangi bahkan dihilangkan sama sekali. Apabila memungkinkan 1 atau 2 huruf
konsonan pun bisa untuk dihilangkan pada sebuah kata. Akan tetapi, singkatan
tersebut harus tetap mudah ditangkap maksudnya.
Seseorang atau suatu pihak tentu memiliki tujuan tertentu dalam memasang
iklan baris. Berdasarkan tujuan-tujuan ini iklan baris terbagi dalam beberapa
jenis.
Iklan baris ada yang memiliki tujuan untuk menawarkan barang atau jasa
kepada khalayak. Ada juga yang sebaliknya, yaitu untuk mencari barang atau jasa
yang bisa ditawarkan oleh khalayak yang memiliki. Bisa juga untuk
menginformasikan lowongan pekerjaan.
Iklan baris yang baik biasanya memuat 4 unsur, yaitu aktivitas, produk,
spesifikasi, dan identitas.
Berikut contoh iklan baris:
Djl cpt Yamaha Mio Sporty THN 2010
kond bgs mls hrg nego hub. 77877817
Iklan baris diatas termasuk ke dalam jenis iklan baris penawaran. Iklan
baris tersebut menginformasikan bahwa pemasan iklan menjual motornya secara
terdesak. Itulah yang dinamakan aktivitas. aktifitas juga bisa berupa informasi
bahwa pemasang iklan membuka lowongan pekerjaan, mencari suatu barang, dll.
Pada iklan penawaran dan pencarian, akan disebutkan barang dan jenis barang
yang dijual/dicari, dan pada iklan lowongan pekerjaan akan disebutkan keahlian
dan kondisi seseorang yang diburuhkan. Pada iklan diatas disebutkan bahwa
barang yang dijual adalah motor Yamaha Mio Sporty. Spesifikasi atau keadaan
khusus yang dapat dipertimbangkan pembaca untuk berminat membelinya yaitu
kondisinya masih bagus, keluaran tahun 2010. Identitas untuk memudahkan
khalayak yang berminat dengan yang diiklankan juga perlu dicantumkan.
Sebelum menulis iklan perlu dirumuskan lebih dulu tujuan penulisan iklan
(sesuai dengan jenis iklan). Rumusan kebutuhan yang akan diiklankan tersebut
kemudian ditulis dalam bentuk kalimat-kalimat. Dari data tersebut,
identifikansi informasi-informasi penting berdasarkan unsur-unsur pembentuk
iklan baris. Kemudian, hal-hal yang akan dicantumkan tersebut disusun menjadi
kalimat. Lalu, kata-katanya dipersingkat.
Tugas
1.
Berdasarkan contoh-contoh iklan baris yang
diberikan, sebutkan ciri-ciri iklan baris!
Dari segi bahasa
|
|
Dari
segi pemilihan kata-kata
|
|
Dari
segi penulisan
|
|
RUMAH DIJUAL-BODETABEK
Atsiri Permai, Citayam. Jl. Widuri no.2. Lt/Lb.152/
Atsiri Permai, Citayam. Jl. Widuri no.2. Lt/Lb.152/
45, SHM. Hub: 081317009588
2.
Tentukan 4 unsur yang terdapat dalam iklan baris
tersebut!
aktivitas
|
produk
|
spesifikasi
|
Identitas
pemasang iklan
|
|
|
|
|
makasih kakak, bisa aku jadikan referensi belajar :)))
BalasHapus